July 19, 2017

Flash Samsung J2 Prime (G532G) ? Awas Dead Boot

Flash Samsung J2 Prime (G532G) - Mungkin kamu bingung, kenapa tidak bisa masuk recovery mode  di samsung G532G ? Padahal lihat di youtube banyak tutorial how to reset samsung G532G dengan kombinasi tombol Volume atas + Home + Power, tapi.ini sudah dicoba berulang-ulang sampai jari keriting pun tidak kunjung juga masuk ke recovery mode agar kita bisa wipe datanya.

Kenapa bisa dead boot? apakah ada cara lain agar flash samsung tidak berakhir dengan matinya ponsel tersebut? Ada kok, simak cerita dibawah:

Ide pertama kami saat gagal masuk recovery mode, yaitu flash ulang saja. Toh, kami sudah download firmwarenya dari sammobile.com. Ternyata firmwarenya ada 4 file, istilah kerennya file pisah. Langsung saja, kami posisikan Samsung J2 Prime ini ke download mode, dengan kombinasi tombol Volume bawah + Home + Power, lalu tekan sekali tombol Volume Atas. Hubungkan ke komputer, Buka Odin, masukkan 4 file firmware Samsung (file kami SM-G532G_20161207_G532GDXU1APL1_G532GOLB1APK3_6.0.1), lalu klik Start untuk memulai proses flashing.

Tunggu flashing hingga selesai, namun tidak langsung ON lagi HPnya. Biasanya Samsung kalau habis diflash kan otomatis restart tuh, kok yang ini ga restart???? Cabut kabel data, cabut baterai, masukkan lagi baterainya, tekan tombol ON/OFF dan taraaaa HP TETAP TIDAK MENYALA. Sedikit panik....coba masuk download mode gagal juga. Lebih panik lagi....colokin ke komputer sambil tekan tombol power, eh ga detect sama sekali. PANIK LUAR BIASA.... Flash Samsung J2 Prime DEAD BOOT jadinya. Hadeuh... makanya biar Anda tidak mengalami dead boot seperti yang saya alami....baca sampai selesai ya.


Kasus dead boot ini akhirnya diselesaikan di Samsung Service Center, biaya gratis karena masih dalam masa garansi

Beberapa hari kemudian datang samsung J2 Prime G532G dengan keluhan terkunci pola. Nah..seperti biasa, coba hard reset dulu. Eitss... ga bisa lagi???? Dicoba lagi berulang-ulang sampai jari lemes lagi, tetap gagal masuk recovery mode samsung G532G. Seakan tidak percaya menemukan 2 HP tipe sama dengan keluhan yang sama, ga bisa direset.

Ide kedua yang muncul adalah mencoba flash TWRP atau CWM, seandainya berhasil, barangkali bisa masuk ke recovery mode. Ternyata download beberapa file TWRP dan CWM, pas diflash selalu gagal, berhenti di tengah jalan dengan error bla bla blaa.

Agar Flash Samsung J2 Prime Tidak Mati (Dead Boot)


Flash Samsung J2 Prime

Ternyata npenyebab dead boot saat Flash Samsung J2 Prime adalah ketidak cocokan Bootloader dari firmare yang diflash. Solusinya adalah Jangan Flash File BL dari firmware, cukup flash file AP, CP dan CSC saja. Syukurlah, cara ini tidak membuat dead boot lagi pada HP yang kedua, walaupun menggunakan firmware yang sama. Jadi sekali kami ingatkan, Jangan Flash File BL dari firmware G532G.

2 komentar

Telat dapat informasinya mas,,,aq juga ngalamin,,,servise habis 400 rb ...

Enter your comment...alhamdulillah ya blm lama sy flash 4 file ga trjadi dead boot


EmoticonEmoticon