November 17, 2017

Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Koneksi Ke Internet

Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Koneksi Ke Internet - Kebutuhan akan akses internet saat ini memang tidak bisa dipungkiri lagi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun rata-rata membutuhkan koneksi internet untuk berbagai kebutuhan.

Adapun sekarang ini kita juga semakin dimudahkan dengan adanya berbagai perangkat gadget yang memberikan fitur untuk mengakses internet dengan lebih mudah, cepat dan murah.

Akan tetapi permasalahan yang kerap kali muncul dan sering di eluhkan oleh pengguna smartphone adalah saat mengalami gangguan koneksi. Bagaimana tidak? Saat kita sedang benar-benar membutuhkan koneksi internet untuk browsing data atau membalas percakapan penting di Whatsapp / BBM ternyata koneksi yang kita butuhkan tidak berjalan dengan baik. 
Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Koneksi Ke Internet
Apalagi hampir semua aplikasi yang berjalan pada perangkat smartphone android kebanyakan memerlukan sambungan ke internet. Maka tidak heran jika ada banyak yang bertanya bagaimana cara mengatasi smartphone tidak bisa koneksi ke internet.

Nah, apabila kamu mendapati gangguan yang sama maka tidak perlu khawatir, karena ini termasuk dalam permasalahan yang umum terjadi dan bukan disebabkan karena adanya kerusakan pada perangkat smartphone. 

Namun tentu saja untuk mengatasi gangguan koneksi internet pada smartphone tersebut ada beberapa hal yang harus kita lakukan, karena bisa jadi permasalahan tersebut muncul karena kita memang tengah kehabisan kuota internet. Bulan puasa ramadhan ini memang kuota internet menjadi pilihan utama dalam menunjang aktivitas berpuasa disaat lagi bete, atau ada waktu luang.

Pada kesempatan ini kdroid akan mencoba membahas cara mengatasi smartphone tidak bisa koneksi ke internet dengan lebih jelas, agar para pembaca sekalian bisa mengetahui dan mampu mengatasi gangguan koneksi sendiri sehingga tidak perlu membawanya ke konter untuk melakukan perbaikan. 

Langsung saja untuk lebih jelasnya kamu simak informasi cara mengatasi smartphone tidak bisa koneksi ke internet di bawah ini.

8 Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Koneksi Ke Internet Dengan Mudah




1. Pastikan Kamu Masih Mempunyai Kuota Internet

Kuota internet

Cara mengatasi smartphone tidak bisa koneksi ke internet yang paling mendasar dan bisa kita lakukan dengan mudah yaitu dengan mengecek kuota internet yang kita miliki. Apakah kuota tersebut masih tersedia atau sudah habis? Karena terkadang dengan banyaknya aktivitas yang membutuhkan kuota internet tanpa kita sadari membuat paket data yang kita miliki cepat sekali habis.

2. Mengatur Ulang Jam Dan Kalender Smartphone

Kemudian pastikan jam dan kalender yang ada pada smartphone kamu sesuai dengan waktu saat ini. Karena terkadang memang ketidak cocokan jam dan kalender ponsel menjadi faktor penyebab dari gangguan koneksi sehingga kita tidak bisa mengakses ke internet. 

Karena dalam perangkat lain seperti komputer atau laptop terkadang tidak bisa terhubung ke internet juga karena permasalahan yang satu ini yaitu jam dan kalender yang tertera tidak sesuai. Jadi dengan dilakukannya pengaturan ulang jam dan tanggal kerap kali bisa menjadi solusi agar smartphone bisa kembali terhubung dengan internet. 

3. Apakah Kamu Lupa Mengaktifkan Koneksi Data Internet?

Untuk dapat mengakses internet, baik itu perangkat tablet, ponsel maupun smartphone tentu kita harus mengaktifkan koneksi data internet terlebih dahulu. Jadi apakah kamu sudah mengaktifkan koneksi data atau belum? 

Di sini terkadang kita lupa mengaktifkannya sehingga menjadi penyebab mengapa terjadi gangguan koneksi ke internet pada smartphone. Adapun caranya untuk mengeceknya kita bisa masuk ke pengaturan, kemudian pilih sambungan data dan kita centang pilihan SIM-Card yang memiliki kuota internet.

Penting :Apabila smartphone tidak bisa terkoneksi ke internet karena faktor sinyal lemah atau bahkan kerap hilang, maka saran kami gantilah dengan kartu SIM yang memiliki sinyal kuat di lokasi dimana kamu berada saat ini. Sebab bagaimanapun faktor sinyal merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung kelancaran dalam mengakses internet.

4. Cobalah Menggunakan Flight Mode

flight mode android

Apa maksudnya? Jadi flight mode di sini maksudnya mencoba untuk mengaktifkan mode pesawat terlebih dahulu untuk melakukan pancingan sinyal. 

Karena terkadang sinyal yang ada tidak terlalu baik sehingga diperlukan pancingan sinyal dengan mengaktifkan mode pesawat untuk beberapa saat dan kemudian bisa kembali ke mode normal. Demikian ini terbukti efektif sebagai uapaya cara mengatasi smartphone tidak bisa koneksi ke internet. 

5. Jangan Lupa Bersihkan Cache

Seperti yang kita tahu, sebenarnya inilah yang terkadang menjadi penyebab utama sehingga terjadi gangguan koneksi pada smartphone. Cache atau riwayat yang disimpan saat melakukan segala hal yang terhubung ke internet, kadang-kala bisa memenuhi memori yang ada.

Sehingga cache atau banyaknya riwayat tersebut bisa memutuskan koneksi yang ada. Jadi untuk mengatasinya bersihkan cache secara berkala, dengan begitu kamu tidak akan mendapati permasalan yang sama.

6. Menyetting APN

Agar koneksi internet berjalan dengan lancar sesuai yang kita inginkan, pastikan juga kita telah menyetting APN di perangkat smartphone. Caranya juga cukup mudah seperti kita mengaktifkan paket data pada poin sebelumnya, atau bisa juga dengan masuk ke pengaturan, lalu pilih jaringan seluler dan pilih operator yang kamu gunakan.
Me-Restart Smartphone

7. Melakukan Restart Pada Ponsel

Apabila kamu sudah menerapkan semua poin di atas dan belum menemui solusi, maka cobalah untuk mematikan atau me-restart ponsel. Terkadang dengan cara ini pengaturan smartphone akan kembali seperti normal dan gangguan koneksi ke internet bisa teratasi.

8. Mengembalikan Smartphone Ke Pengaturan Pabrik

Cara mengatasi smartphone tidak bisa koneksi ke internet yang terakhir ini juga biasa dikenal dengan sebutan factory reset. Adapun maksudnya dengan mengembalikan keseluruhan pengaturan smartphone ke pengaturan pabrik.

Dengan begini semua pengaturan akan kembali secara default dan cara ini terbukti efektif untuk dilakukan sebagai bentuk upaya terakhir agar smartphone bisa terkoneksi kembali dengan internet. Adapun cara ini bisa dilakukan dengan masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih buat cadangan & setel ulang, dan pilih kembalikan ke setelan pabrik.

Dengan menerapkan cara mengatasi smartphone tidak bisa koneksi ke internet di atas pada umumnya sudah bisa teratasi. Akan tetapi jika ternyata terkadang masih menjumpai gangguan yang sama terutama untuk smartphone android yang sudah di unlock, maka cobalah untuk melakukan instal ulang ponsel atau flasing.

Karena bisa saja saat melakukan unlock kita menginstal Stock ROM yang bukan milik asli dari tipe smartphone tersebut sehingga terjadi bug dan tidak dapat terkoneksi ke internet. Jadi cobalah untuk melakukan flasing dengan memilih firmware yang tepat.

Dari beberapa penjelasan tersebut sekarang kamu bisa tahu dan bisa mengatasi smartphone yang tidak bisa terkoneksi ke internet secara mandiri dan mudah. Demikian ulasan terkait cara mengatasi smartphone tidak bisa koneksi ke internet. Semoga bermanfaat!.


EmoticonEmoticon