Tuesday, 18 July 2017

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 3 Sinyal 4G Hilang (Tidak Ada)

Cara Mengatasi Redmi 3 Sinyal 4G Hilang - Bagi pengguna Xiaomi Redmi 3, update MIUI 8 tentu sudah ditunggu-tunggu. Pembaharuan sistem tentu saja diharapkan akan membuat ponsel kita lebih bagus fiturnya.

Untuk yang masih belum update ke MIUI 8, Anda bisa langsung menggunakan fitur Updater yang tersedia di menu Redmi 3. Update OTA (Over The Air) istilah kerennya. Atau bisa juga download file updatenya di situs resmi Xiaomi lalu copy paste ke memori internal HP dan dilanjutkan dengan update secara offline.

Redmi 3 Sinyal 4G Hilang

Permasalahan muncul ketika sudah selesai update, sinyal 4G hilang. Ketika mencoba pengaturan jaringan, tidak tersedia opsi Prefer LTE, cuma ada pilihan 3G doank. Beberapa user memilih untuk turun versi ke MIUI 7 lagi.

Mau tidak mau, diflash ulang menggunakan MiFlash Tool, data-data harus dibackup terlebih dahulu, setelah selesai flash harus dikembalikan lagi datanya, download lagi aplikasi yang biasa digunakan, setting ini itu. Duh repotnya...

Sebenarnya ada cara untuk memperbaiki sinyal 4G yang hilang di Redmi 3. Ada cara yang ga permanen, dengan menggunakan kode *#*#4636#*#* namun begitu restart, harus disetting ulang lagi.

Ada juga cara yang permanen, namun ini membutuhkan proses unlock bootloader. Tahu sendiri kan gimana ribetnya kalau mau unlock bootloader secara resmi, harus minta kode unlock melalui situs resmi Xiaomi dan menunggu persetujuan hingga 14 hari. Alamakkk...

Kali ini, kdroid akan membagikan cara tercepat dan termudah untuk FIX LTE Redmi 3 Sinyal 4G Hilang, akan dijelaskan secara detail sehingga para user Redmi 3 dapat dengan mudah mengikutinya. Konsepnya adalah unlock bootloader, pasang TWRP, lalu install file FIX LTE MIUI 8. Untuk unlock bootloader, ini pakai cara non official alias tidak resmi. Tidak usah menunggu hingga 14 hari.

Sebelumnya, perlu KDroid ingatkan bahwa proses flash TWRP dapat menyebabkan kerusakan seperti hang logo dan bootloop. Silakan backup data anda terlebih dahulu sebelum flash TWRP. Segala kerusakan yang mungkin timbul ditanggung anda sendiri. DO With Your Own Risk.


Alat dan bahan untuk perbaikan Redmi 3 sinyal 4G hilang:


  1. Komputer/PC (OS Windows 64 bit lebih disarankan)
  2. Kabel Data/kabel USB
  3. MiFlash Tool, DOWNLOAD
  4. Driver Qualcomm QS-USB QDloader 9008, DOWNLOAD
  5. TWRP Redmi 3, DOWNLOAD



Persiapan berikutnya:

  1. Install MiFlash Tool yang telah Anda download tadi.
  2. Install Driver Qualcomm QS-USB QDloader 9008
  3. Ekstrak file TWRP Redmi 3, disarankan ekstrak ke drive C:/
  4. Aktifkan opse pengembang dengan cara masuk Setelan >> Tentang telepon >> klik 8x di versi MIUI hingga muncul pesan "Sekarang Anda adalah pengembang"
  5. Aktifkan opsi Buka Kunci OEM, dengan cara masuk Setelan >> Setelan tambahan >> Opsi pengembang, lalu aktifkan opsi ini. Poin ini PENTING SEKALI...Jika opsi Buka Kunci OEM ini tidak diaktifkan, saat install TWRP akan GAGAL. Pastikan Anda yakin 100% sudah mengaktifkan opsi ini.


Setelah semuanya siap, kita lanjutkan ke proses flash TWRP, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Matikan ponsel Redmi 3, tekan tombol Power lalu pilih Daya Mati
  2. Masuk ke Download Mode dengan tekan kombinasi tombol Volume atas + Power. Lepaskan tombol Power hingga HP bergetar dan tampil MI di layar, namun tetap tekan tombol volume atas.
  3. Muncul opsi Fastboot, Download, Recovery. Pilih Download, maka HP akan langsung masuk ke mode Download
  4. Sambungkan ke komputer, check di Device Manager apakah sudah terbaca sebagai Device Qualcomm QS-USB QDloader 9008 di bagian COM Port. Jika belum, mungkin driver belum terinstall dengan baik.
  5. Buka MiFlash tool, klik Browse lalu arahkan ke folder image TWRP di drive C.
  6. Klik pilihan di samping Browse, pilih Advance lalu atur Fastboot Script, Flash Programmer, Raw XML File dan Patch XML File (untuk lebih jelas lihat video tutorial di bawah)
  7. Klik Refresh hingga muncul port COM.
  8. Klik Flash dan tunggu hingga selesai.
  9. Lepaskan dari kabel data, lalu tekan dan tahan volume atas + power seperti langkah ke-5. Pilih Recovery. Jika muncul menu recovery TWRP, berarti proses flashing BERHASIL. Jika muncul recovery bawaan Xiaomi, berarti gagal dan harus diulang lagi. Pernah KDroid flash 3 kali baru berhasil. Entah apa yang membuatnya gagal.

Setelah berhasil install TWRP, saatnya kita memperbaiki sinyal 4G LTE yang hilang. Caranya adalah meng-install file zip FIX LTE MIUI 8. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Copy dan paste file FIX LTE MIUI 9 ke memori internal HP.
  2. Power off HP lalu masuk ke menu Recovery dengan kombinasi tombol Power + Volume atas. Pilih Recovery.
  3. Geser slide yang di bawah. TWRP secara default menggunakan bahasa Mandarin, untuk mengubah bahasanya pilih Opsi yang sebelah kanan, pilih yang no 2 dari bawah. Nanti akan muncul layar berikutnya, ada gambar seperti bola dunia. Klik disitu, lalu pilih English. Lihat video tutorial dibawah agar lebih jelas.
  4. Kembali ke menu utama TWRP, lalu pilih Install. Browse lalu klik file zip tersebut.
  5. Konfirmasi install dengan cara menggeser slide di bawah.
  6. Setelah selesai, pilih Reboot System.
  7. Muncul "Disable stock recovery replace during system boot", pilih Swipe to Allow Disable.
  8. Muncul "Install SuperSU now?", pilih Do Not Install.

Silakan check lagi opsi LTE di menu Setelan >> Kartu SIM & jaringan seluler >> pilih SIM >> Tipe jaringan prioritas dan taara...... sudah muncul opsinya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon